Monday, April 15, 2013

Rahasia di Balik IP 4.00: Tips & Tricks for GPA Freaks Part I

“Besarnya Kemauanmu Meraih Sesuatu Menentukan Besarnya Usahamu untuk Meraihnya”, 

Banyak orang berpikir bahwa IP 4.00 hanya akan menjadi milik mahasiswa study-oriented (SO). Sebaliknya, hanya sedikit orang yang percaya bahwa IP 4.00 dapat dimiliki oleh setiap mahasiswa apapun jenis kehidupan kampus yang dipilihnya, baik SO, aktivis organisasi, aktivis sosial, bahkan yang hobi nongkrong dan senang-senang sekalipun. Gak percaya? Saya buktinya. Saya tidak bermaksud pamer, apalagi sombong, tetapi saya ingin menunjukkan pada teman-teman bahwa siapapun bisa loh mendapat IP 4.00 asal kalian percaya bahwa kalian bisa. You will receive when you perceive.

Kehidupan kampus yang saya pilihpun lebih pada kombinasi berbagai jenis kehidupan kampus. Justru tidak cenderung sama sekali menjadi seorang mahasiswa SO. Bagi saya belajar itu membosankan somehow, jika yang dipelajari hanyalah textbook, e-book, maupun slides materi dosen. Ada pelajaran-pelajaran lain di luar textbook yang jauh lebih menantang dan mampu menghadirkan warna lain bagi kehidupan saya. Pelajaran yang hanya bisa didapat melalui interaksi dan komunikasi dengan banyak orang.

Oleh karena itu, sejak awal duduk di bangku kuliah, saya sudah membiasakan diri aktif berorganisasi dan juga menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan sosial di luar kampus. Tidak cukup sampai disitu, courage dan willingness saya untuk belajar bekerja profesional juga tidak kalah tinggi. Oleh karena itu, saya pun menjajal berbagai part time jobs, baik di dalam maupun di luar kampus. Believe it or not, setahun terakhir ini, saya menjabani tiga rutinitas sekaligus di luar kuliah. Saya magang di kemahasiswaan fakultas (FISIP UI), freelance event organizer di Indonesia Leadership Development Program (ILDP) UI, dan volunteerig di sebuah NGO anak di Jakarta bernama Swayanaka Jakarta.

Sejujurnya, berbagai aktivitas yang saya jalani sehari-hari, mulai dari kuliah, kerja, organisasi, hingga aktivitas sosial sudah cukup menyita waktu saya. Akan tetapi, saya tidak pernah mau kehilangan waktu bersenang-senang dengan teman-teman. Hangout bersama teman adalah salah satu agenda wajib dalam kehidupan saya, mulai dari kumpul dan ngobrol biasa hingga pergi makan di luar, nonton, karaoke, dan trip ke tempat-tempat wisata, dimana kami bisa menikmati suasana fun jauh dari kehidupan kota yang stressful. Dapat dibayangkan bukan? Seperti apa saya harus junggling time setiap hari.

Kendati demikian, passion dan semangat untuk tetap berprestasi tidak pernah luput begitu saja dari perhatian saya. IP 4.00 adalah sebuah pencapaian yang tetap harus diusahakan apapun kondisinya. Banyak sahabat dan kolega bertanya apa yang saya lakukan hingga saya tetap bisa mencapai IP 4.00 di tengah segudang kesibukan yang menyita waktu. Bahkan beberapa di antara mereka menyangka saya tidak pernah tidur karena belajar sepanjang malam, I would say “a big no way” for that, karena memang saya tidak demikian adanya.

Bila teman-teman sama seperti sahabat dan kolega saya yang ingin sekali tahu bagaimana saya mencapai IP sempurna, maka melalui tulisan ini saya ingin membagi sedikit pengalaman saya. Teman-teman boleh mengangap pengalaman saya ini tips dan tricks yang mungkin bisa teman-teman terapkan. Akan tetapi, saya ingin menegaskan bahwa sebenarnya setiap mahasiswa punya cara masing-masing yang unik untuk mencapai sesuatu. Cara itu hanya bisa ditemukan sendiri oleh individu yang bersangkutan. Walaupun demikian, saya harap tips dan tricks dari saya dapat menjadi inspirasi sekaligus motivasi bagi teman-teman dalam menemukan cara teman-teman sendiri untuk mencapai IP 4.00. #1


FISIP Award 2013 Kategori IPK Tertinggi
Bangga dan bersyukur bisa mengenakan slempang IPK Terbaik FISIP UI 2012 

7 comments :

  1. haish gayane=_="...moga makin sukses ya

    ReplyDelete
  2. haha I must know who you are...
    thanks yaw..amin ya Rabbal alamin..
    semangat juga buat kamu..biar bisa gaya haha...LOL

    ReplyDelete
  3. Wooaa... pengen dapet IP sempurnaaa... how come? @.@

    ReplyDelete
  4. iya..kamu juga pasti bisa kok..
    if you want to know the tips go to my next post yahhh..Rahasia Dibalik IP 4.00: Tips & Tricks for GPA Freaks Part II

    ReplyDelete
  5. haha.. btw congratz sist for the highest achievement :)

    yup writing sometimes is a boring activity if we compare it with speaking or other activities.. tapi kayaknya aku juga harus belajar buat berpikir terstruktur biar dalam menulis aku gak mumet sendiri dan bikin mumet yg baca juga..

    thanks for the sharing :)

    ReplyDelete
  6. thank you sista:)

    haha yeah basically in order to write good is to listen good first ..ayo terus belajar..practice setiap harii haha..

    ReplyDelete
  7. jd tips n trik nya apa mbak?

    ReplyDelete